Sabtu, 31 Oktober 2009

Catatan Tabloid PCplus: Internet adalah ABG di Usia 40


Internet saat ini sedang dalam masa ABG yang sedang belajar hal-hal baru dan masih punya jalan yang panjang. Tingkah lakunya masih labil, tapi sudah membanggakan bagi orang tua dan masyarakat. Begitu kata salah seorang penemu internet Leonard Kleinrock kepada AFP di tengah-tengah persiapan hari ulang tahun internet ke-40.

Cikal bakal internet dicetuskan oleh Leonard pada tahun 1962. Ia menggambarkan visinya pada sebuah distertasi kelulusan sekolah. Leonard yang saat ini berumur 75 tahun mengaku saat itu tak ada yang peduli pada visinya. "Saya datang pada AT&T. Mereka bilang, hal ini tak mungkin bisa bekerja. Kalaupun bisa bekerja, mereka tak tahu untuk apa," kata Leonard dikutip AFP.

Internet lalu dipraktikan pada ARPANET untuk menghubungkan komputer di beberapa universitas dan lembaga peneliti. ARPANET merupakan suatu proyek yang didanai militer Amerika Serikat.Leonard dan timnya membuat sebuah alat bernama Interface Message Processor (IMP) untuk mengirim data. Alat itu dites pertama kali pada 2 September 1969. Pada 29 Oktober 1969, pesan pertama antarkomputer berhasil dikirim. "Saat itulah sang bayi dilahirkan," kata Leonard.

Tahun 1980, National Science Foundation menambahkan sejumlah komputer super ke dalam jaringan tersebut sehingga lebih banyak peneliti yang bergabung ke dalam komunitas.

Tahun 1990-an, internet booming dengan e-mail dan bisnis dot-com. Tahun 1994, e-mail spam pertama menyebar. Leonard mengaku mengirim e-mail balik ke orang-orang yang membalas pesan. "Kami mengirimkan begitu banyak e-mail sehingga komputer penerima crash," akunya. Leonard menambahkan, "Spam pertama merupakan tindakan denial-of-service yang pertama."

Langkah selanjutnya, menurut Leonard, adalah membuat internet di mana-mana. "Saat saya masuk ke sebuah ruangan, internet bisa mengetahui dan akan berbicara pada saya," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar