Sabtu, 31 Oktober 2009

Catatan Tabloid PCplus : Ubuntu 9.10 Tantang Windows 7


Mark Shuttleworth

Ubuntu 9.10 yang rencananya akan mulai didistribusikan pada Kamis (28/10) siap menjadi pesaing Windows 7 untuk netbook. Begitu ungkap Mark Shuttleworth, CEO Ubuntu. Ia menegaskan akan mencoba lagi merebut pangsa pasar di Amerika Serikat. Ubuntu akan punya Ubuntu 9.10 Netbook Remix, versi Ubuntu 9.10 untuk netbook .

Kepada PCWorld, Mark mengungkapkan kalau dirinya senang Windows 7 sudah dikeluarkan. Ia menyebut Windows 7 sebagai rilis yang kredibel. Tapi, Mark juga menegaskan kalau sistem operasi baru Microsoft itu masih "tertutup" dan merupakan teknologi yang mahal. "Windows 7 Starter Edition itu mahal dan memiliki batasan penggunaan," tambahnya. Windows 7 Starter Edition adalah versi Windows 7 untuk netbook.

Linux pernah jadi sistem operasi pilihan pembuat netbook saat netbook baru bermunculan. Tetapi kemudian, sistem operasi berbasis Linux tertutup bayang-bayang Windows XP karena kurangnya dukungan Linux terhadap berbagai periferal.

Ubuntu 9.10 yang segera diluncurkan akan memiliki tampilan yang simpel, boot yang cepat, audio yang lebih baik, dan koneksi 3G yang diperbaiki. Versi desktop and netbook punya program instant messaging bernama Empathy. Ubuntu 9.10 juga mengusung fitur Ubuntu One yang merupakan suatu paket berisi layanan online untuk back-up, sinkronisasi, dan berbagi file. Setiap pengguna Ubuntu Oneakan mendapat ruang online sebesar 2 GB secara cuma-cuma. Mereka bisa dapat ruang 50 GB dengan membayar US$10 per bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar