Minggu, 25 Oktober 2009

Catatan Tabloid PCplus : Mozilla Bikin Situs Web Pemeriksa Plug-in

Mozilla bikin situs web Plugin Checker yang berfungsi untuk memeriksa apakah plug-in yang terinstal di Firefox sudah ter-update atau belum. Menurut Mozilla, update plug-in merupakan hal penting karena menurut mereka, 30 persen browser yang crash disebabkan oleh plug-in yang ketinggalan zaman.

Di halaman situs web beralamat http://www.mozilla.com/en-US/plugincheck/, pengguna Firefox dapat melihat plug-in yang mereka instal. Kalau ada plug-in yang tidak update, Plugin Checker menyediakan link untuk melakukan update. Demikian penjelasan dari Johnathan Nightingale di blog Mozilla.

Pengguna Firefox sudah dapat menggunakan situs web Plugin Checker. Mozilla berencana memasukkan fitur Plugin Checker ke dalam Firefox 3.6 yang segera diluncurkan. Saat ini, Plugin Checker dapat memeriksa sebanyak 15 plug-in. Di masa yang akan datang, Mozilla berencana menambah jumlah tersebut.

Johnathan menjelaskan kalau plug-in seperti RealPlayer, Flash, atau Silverlight yang merupakan software yang diinstal di komputer di luar kontrol Firefox sulit diperiksa. "Software itu berinteraksi dengan Firefox, tapi diinstal sebagai software di luar Firefox dan mereka punya cara sendiri soal waktu dan cara update," kata Johnathan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar